Sistem Operasi – Memori

SISTEM OPERASI

MEMORY

  1. Pendahuluan

Sebelum membahas tentang memori kita terlebih dahulu mengenal Sistem operasi dahulu. Apakah system operasi itu , sistem operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras. Jadi system operasi merupakan penghubung antar perangkat computer baik hardware , software dan brainware/pengguna computer.

  1. Arsitektur Komputer

Komputer telah berkembang sejak pertama dibuat hingga sekarang ini begitu pula dengan Sistem Operasinya dan juga arsitektur system operasinya. Tetapi arsitektur yang banyak digunakan hingga sekarang ini adalah arsitektur Von Neumann yang diusulkan oleh John Von Neumann pada tahun 1940. Arsitektur Von Neumann menggambarkan Komputer dengan empat bagian utama yaitu :

    1. Unit Aritmatika dan Logis.

    2. Unit Kontrol.

    3. Memori.

    4. Masukan dan Keluaran atau yang sering disebut I/O.

Tetapi kali ini kita akan membahas tentang Memori , memori merupakan sesuatu yang penting dalam arsitektur computer karena bertugas untuk menyimpan informasi mengenai system atau lainnya yang diperlukan bagi system operasi untuk bekerja.

  1. Memori

Memori adalah urutan byte yang dinomori (sperti sel), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada computer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan computer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.

Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Instruksi yang lebih kompleks bias digunakan untuk menyimpan gambar,suara,video dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa disimpan dalam satu cell dinamakan sebuah byte.

Memori sendiri secara garis besar terbagi dalam dua jenis yaitu Memori Utama dan Memori Sekunder. Memori utama adalah sebuah array yang besar dari word atau byte yang ukurannya mencapai ratusan ,ribuan atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte mempunyai alamat sendiri. Memori utama berfungsi sebagai tempat penyimpanan instruksi/data yang akses datanya digunakan CPU dan perangkat Masukan/Keluaran. Memori utama termasuk tempat penyimpanan data yang bersifat volatile yaitu tidak permanent data akan hilang jika computer dimatikan. Contoh memori utama yaitu Register, Cache, RAM, Memori ekstensi dan Direct memori Acces.

Memori sekunder biasanya untuk meyimpan data non volatile yang bersifat permanent data tidak akan hilang jika computer dimatikan dan dapat dibangkitkan atau dibuka saat computer dinyalakan lain waktu. Contoh memori sekunder yaitu Flash drive, Optical disk, dan Magnetic Disc.

    1. Register

Register merupakan tempat peyimpanan beberapa buah data yang akan diolah langsung di prosesor yang berkecapatan sangat tinggi. Register ini berada dalam prosesor dengan jumlah yang sangat terbatas karena fungsinya sebagai tempat perhitungan/komputasi data. Sejumlah kecil memori ini digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program computer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan.Umumnya nilai-nilai umum yang digunakan adalah nilai yang sedang dieksekusi dalam waktu tertentu.

Register berdiri pada tingkat tertinggi dalam hierarki memori, ini berarti bahwa kecepatannya adalah paling cepat, kapasitasnya adalah paling kecil dan harga tiap bitnya adalah paling tinggi. Register juga digunakan sebagai cara yang paling cepat dalam system computer untuk melakukan manipulasi data.

    1. Cache

Cache merupakan peyimpanan sementara (volatile) sejumlah kecil data untuk meningkatkan kecepatan pengambilan atau peyimpanan data di memori oleh prosesor yang berkecapatan tinggi. Dahulu cache disimpan diluar prosesor dan dapat ditambahkan. Misalnya pipeline burst cache yang biasa ada dikomputer awal tahun 90an. Akan tetapi siring menurunnya biaya produksi die atau wafer dan untuk menigkatkan kinerja, cache ditanamkan di prosesor. Memori ini biasanya dibuat berdasarkan desain static memori.

Dua jenis cache yang sering digunakan dalam dunia computer adalah memori caching dan disk caching.

    1. Random Access Memori (RAM)

Random akses memori yang sering disebut RAM merupakan tempat penyimpanan sementara sejumlah data volatile yang dapat diakses langsung oleh prosesor. Pengertian langsung disini berarti prosesor dapat mengetahui alamat data yang ada di memori secara langsung. Sekarang , kinerja RAM dapat melewati cache pada computer yang lebih lama. RAM dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM pertama kali dikenal pada tahun 60an, hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah popular karena harganya yang sangat mahal pada waktu itu. Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (Read Only Memori) yang hanya bisa dibaca saja. RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer dalam computer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka panjang.

    1. Memori Ekstensi

Memori ekstensi merupakan memori yang digunakan untuk membantu proses-proses dalam computer, biasanya berupa buffer. Peranan tambahan memori ini sering dilupakan akan tetapi sangat penting artinya untuk efisiensi. Biasanya tambahan memori ini gambaran kasar kemampuan dari perangkat tersebut, sebagai contoh misalnya jumlah VGA memori, soundcard memori.

    1. Direct Memori Access

Direct memori access digunakan untuk I/O device yang dapat memindahkan data dengan kecepatan tinggi (mendekati frekuensi bus memori). Device controller memindahkan data dalam blok-blok dari buffer langsung ke memori utama atau sebaliknya tanpa campur tangan prosesor. Interrupt hanya terjadi tiap blok bukan tiap word atau byte data. Seluruh proses DMA dikendalikan oleh sebuah controller bernama DMA Controller (DAMC). DMA Controller mengirimkan atau menerima signal dari memori dan I/O device.

Prosesor hanya mengirimkan alamat awal data, tujuan data, panjang data ke DMA Controller. Interrupt pada prosesor hanya terjadi saat proses transfer selesai. Hak terhadap penggunaan bus memori yang diperlukan DMA Controller didapatkan dengan bantuan bus arbiter yang dalam PC sekarang berupa chipset Northbridge.

    1. Flash Drive

Flash Drive atau memori Flash adalah jenis EEPROM yang mengijinkan banyak lokasi memori untuk dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemrogaman. Istilah awamnya dia adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti RAM dan menyimpan datanya tanpa membutuhkan penyediaan listrik. Memori ini biasanya digunakan dalam memori card, USB Flash drive, Mp3 player, Digital kamera dan handphone.

SELESAI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s